PERENCANAAN BERBASIS RISIKO

Oleh : Riandy Syarif

Setiap orang atau pun organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, dimana tujuan tersebut menjadi faktor yang mempengaruhi aktivitas rutin yang dilakukan. Sebuah tujuan yang telah ditetapkan harus diperjuangkan agar segera terwujud sesuai dengan hasil yang diinginkan, dimana upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut tentu dirancang melalui perencanaan yang baik, dimana perencanaan yang baik harus didukung dengan analisa yang tajam, dan analisa yang tajam hanya akan diperoleh bila data yang dimiliki relevan dan akurat.
Hanya saja, dalam upaya mencapai tujuan akan hadir risiko-risiko yang dapat menghalangi, sehingga perlu dilakukan pengaturan risiko sehingga setiap risiko tidak akan menjadi faktor penyebab kegagalan pencapaian tujuan. Langkah untuk mengatasi risiko disebut sebagai manajemen risiko, yaitu upaya untuk mengidentifikasi risiko, lalu dilakukan pengukuran atas risiko-risiko yang berhasil diidentifikasi lalu dilakukan follow up atas risiko tersebut. Setiap risiko memiliki bobot yang berbeda, ada risiko yang memliki tingkat frekuensi terjadinya tinggi namun dampaknya terhadap pencapaian tujuan rendah, ada juga risiko yang jarang terjadi jika dilihat dari frekuensinya, namun memiliki dampak yang tinggi. Dari perbedaan bobot risiko tersebut juga akan membedakan pengelolaanya, apakah dihindari, atau apakah dihadapi saja. Risiko dihindari jika apabila risiko tersebut dapat berakibat pada kerugian yang lebih besar dibandingkan jika tidak dihindari. Selain dihindari, risiko juga dapat ditransfer ke jasa asuransi, yang tujuannya agar operasional risiko tidak membebani rutinitas organisasi, seperti risiko kesehatan, dari pada organisasi/perusahaan memperkerjakan tenaga medis berserta sarana dan prasarana medis, akan lebih efektif jika bekerjasama dengan pihak asuransi kesehatan.
Manajemen risiko porsi utamanya ada pada perencanaan, sebuah perencanaan akan lemah bila tidak mempertimbangkan pengelolaan risiko yang baik. Karena perencanaan adalah sebuah upaya memproyeksikan dan menghadirkan gambaran kondisi yang belum terjadi, tidak hanya target positif saja yang ada dalam perencanaan namun juga perlu menghadirkan kondisi negatif. Karena suatu target bisa buyar jika terhalangi oleh sesuatu yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Dengan menghadirkan prediksi risiko yang akan dihadapi maka akan menghasilkan perencanaan berbasis risiko yang siap dengan langkah antisipatif atas risiko, hasilnya seluruh target dari perencanaan tersebut menjadi logis dan mendekati kenyataan.
Kita harus mampu membedakan antara risiko dan masalah, karakteristik risiko adalah sesuatu yang belum terjadi, masih bersifat prediksi, sehingga setiap kemungkinan terjadinya risiko itulah yng akan dilakukan pencegahan atau pegelolaan. Sedangkan masalah adalah sesuatu yg telah terjadi, dimana apenanganannya bukan lagi pencegahan, namun penyelesaian masalah. Dengan manajemen risiko yang memadai, organisasi akan semakin memiliki gambaran real akan suatu kondisi dimasa yang akan datang, tentu saja akan berpengaruh pada penerapan strategi kebijakan yang tepat sasaran.
Pengelolaan risiko tergantung kemampuan dalam melakukan identifikasi risiko, dimana setiap hal yang memiliki kemungkinan menghalangi tujuan harus diidentifikasi. Bila ada risiko yag luput dari identifikasi, maka risiko tersebut tidak tergambarkan dalam perencanaan, sehingga akan berakibat pada hasil perencanaan yang melenceng dari harapan. Selain identifikasi, kemampuan mengukur risiko-risiko juga penting, karena disinilah kita akan membuat peta risiko sebagai acuan dalam perencanaan. Pengelolaan risiko juga perlu mempertimbangkan efektifiktas dan efisiensi, jangan sampai energi kita terporsir pada sebuah risiko yang sebenarnya bisa dialihkan.
Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang mempertimbangkan risiko, memadukan optimisme dan ancaman atas tujuan, sehingga suatu perencanaan akan semakin mendekati kondisi sebenarnya, karena sebuah perencanaan yang melupakan kemungkinan risiko adalah perencanaan yang semu.

Tentang riandysyarif

Saya orang yang simple dengan ide yang simple demi tujuan yang luar biasa
Pos ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar