ADUH…ADA TANDA SERU DI SIGNAL HOTSPOT WIFI

Oleh : Riandy Syarif

Saya termasuk salah satu makhluk yang cukup sering memanfaatkan dunia maya untuk hal-hal bermanfaat seperti : Baca berita, mencari informasi, bersosialita, berdiskusi, menambah ilmu, belajar menulis di blog dan lain-lain. Untuk sekedar membaca berita, diskusi, mencari informasi dan bersosialita, saya cukup melalui Smartphone, namun ketika untuk meng-up date blog atau belajar menulis di blog maka saya harus menggunakan Notebook. Masalahya Modem yang pernah saya miliki sudah dua kali hilang, sehingga saya lebih senang memanfaatkan café/ warkop yang menyediakan Hotspsot area untuk online via notebook.

Mungkin kita pernah mengalami kesulitan untuk koneksi ke internet, padahal signal di wifi penuh. Biasanya kesulitan itu dibarengi dengan munculnya lambing kecil segitiga warna kuning bertanda seru di atas signal internet. Saat mengalaminya saya bingung, minta tolong orang lain yang sedang online pun mereka tidak tahu, buka sana buka sini, klik atas klik bawah semuanya saya lakukan. Akhirnya ada seseorang yang bisa membantu mengatasinya, walaupun saya tidak tahu bagaimana caranya, tapi yang penting bisa online. Hehehe

Dilain hari saat melakukan tugas Review Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupatan Sintang, notebook saya wajib bisa terkoneksi pada system keuangan di BPKAD Kab. Sintang, agar dapat memperoleh data-data untuk kebutuhan review. Eeehhhh.. entah kenapa notebook saya tidak bisa lagi,sehingga saya pun minta tolong di otak atik oleh pegawai BPKAD agar bisa terkoneksi. Namun dampak nya pasca berhasilnya saya terkoneksi, notebook saya malahan kembali tidak bisa online di café/warkop yang menyediakan hotspot… menyebalkan sekali. Bahkan yang paling menyebalkan adalah saat saya telah terlanjur memesan makanan atau minuman, namun ternyata notebook tidak terkoneksi

Hingga suatu hari bermodal nekad otak atik sendiri, saya menemukan solusinya sebagai berikut :

  1. Jika menemukan lambang segitiga kuning bertanda seru di atas signal internet, maka laangkah pertama masuk ke Control Panel pilih Network and Internet (Gambar kondisi saat tidak OL)
  2. Pilih Network and Internet

1

  1. Pilih Network and Sharing Center

2

 

  1. Pilih change adapter setting

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Klik kanan wireless Network connection pilih properties

6

 

 

  1. Klik dua (2) kali pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4), Kik ok dan ok lagi

9

 

Gimana? Bisa tidak? Kalau tidak bisa, ya sudahlah… yang penting saya bisa hehehe

**Riandy Syarif*

Tentang riandysyarif

Saya orang yang simple dengan ide yang simple demi tujuan yang luar biasa
Pos ini dipublikasikan di Kaca Mata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

