Tips dan Trik Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Saat ini, setiap belanja terkait penggunaan APBN/ APBD yang dilakukan oleh Institusi/Badan/Lembaga baik Barang maupun Jasa wajib dilaksanakan oleh pihak yang memiliki kompetensi keahlian pengadaan barang dan jasa (PBJ), artinya pengadaan barang jasa itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Keahlian yang dimaksud adalah memiliki sertifikat ahli pengadaan barang/jasa (PBJ), sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah beserta perubahannya. Dengan adanya sertifikat keahlian PBJ dapat diartikan adanya pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang Pengadaan Barang Jasa. Mengingat pentingnya kegiatan pengadaan barang/jasa pada organisasi pemerintahan, maka selaku PNS maupun pihak penyedia barang/jasa perlu untuk memahami teknis dan aturan main PBJ, akan lebih baik lagi jika memiliki sertifikat keahlian PBJ nya.

Untuk memiliki Sertifikat Ahli PBJ, maka diwajibkan untuk mengikuti Bimtek PBJ dan Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan barang/Jasa. Banyak yang walaupun sudah beberapa kali ikut bimtek dan ujian namun belum diberi kelulusan. Alhamdulillah, saya diberi kemudahan lulus dengan satu kali ujian, menurut saya sebenarnya ujiannya tidak menyulitkan, karena saat ujian kita diperbolehkan membuka buku peraturan dan hanya dilaksanakan satu kali ujian. Berbeda dengan ujian sertifikasi auditor yang dilaksanakan oleh Pusdiklatwas BPKP, selain tidak boleh buka buku, Mata Uji nya banyak, sebagai gambaran Ujian Anggota Tim memiliki 7 Mata Diklat yang diujikan. Sehingga, seharusnya ujian Sertifikasi Ahli PBJ lebih mudah bukan? Saran saya, bagi rekan-rekan yang mengikuti ujian sertifikasi keahlian PBJ, maka :

  1. Minimal pernah sekali membaca peraturan presiden tentang PBJ

Setidaknya, kita pernah sekali mengkhatamkan Perpres PBJ, karena dengan membaca keseluruhan perpres PBJ maka akan membuat kita memahami gambaran umum dan alur pengadaan barang/jasa.

  1. Membuat pemetaan terkait pasal-pasal dalam perpres PBJ

Setelah kita membaca, maka akan lebih baik jika kita membuat pemetaan atau matrik perpres PBJ untuk memudahkan kita mencari hal-hal yang diperlukan dalam Perpres. Seperti daftar pasal-pasal yang mengatur Rencana Umum Pengadaan atau pasal-pasal yang mengatur metode pemilihan.

  1. Mengerjakan soal dari bobot yang tertinggi

Waktu yang terbatas saat Ujian berlangsung membuat kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai kita kehabisan waktu. Soalnya ujian terdiri dari tiga bagian, yaitu :

  1. Soal benar/ salah, memiliki bobot 2
  2. Soal teori pilihan berganda, memiliki bobot 3
  3. Soal kasus pilihan berganda, memiliki bobot 4

Biasanya urutan soal dimulai dari soal benar/salah, teori pilihan berganda dan terakhir soal kasus. Mengingat tingginya bobot nilai soal kasus, maka alangkah baiknya jika kita mengejar soal yg memiliki bobot tertinggi, sehingga saat kehabisan waktu hanya tersisa soal yg kecil bobotnya.

  1. Latihan mengerjakan Soal-soal PBJ

Untuk mengenal struktur dan bentuk soal, maka disarankan untuk latihan mengerjakan soal-soal PBJ. Agar dapat mengerjakan soal maka kita akan “terpaksa” mencari jawaban dan membaca perpres, proses mencari jawaban ini akan semakin memberikan kita pemahaman tentang hal-hal yang luput saat kita membaca.

Semoga tulisan ini bermanfaat, good luck 🙂

Iklan

Tentang riandysyarif

Saya orang yang simple dengan ide yang simple demi tujuan yang luar biasa
Pos ini dipublikasikan di Auditor. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips dan Trik Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

  1. effan berkata:

    saya blm lulus lulus nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s