Arti Sebuah Nama

Sewaktu mengikuti diklat prajabatan CPNS disintang, panitia mencari peserta yang mau menjadi pembaca do’a. tentu saja saat itu tidak ada satupun peserta yang mau mengangkat tangan, mungkin khawatir salah baca dan malah jadi bencana hehehe

Sampai akhirnya panitia menunjuk langsung, yaitu dengan cara melihat daftar nama. Ternyata nama yang dipilih adalah nama yang berbau islam, waktu itu yang dipilih namanya Syaiful ‘Anam.

 

“Apa sih arti sebuah nama…?”

 

Sering kita mendengarkan kata-kata diatas, dimana seolah nama itu tidak lah penting. Padahal nama itu do’a loh… bahkan dalam Islam kita diajarkan agar memberikan nama yang terbaik untuk anak. Tidak jarang seseorang mendapatkan nasib baik karena namanya, misalnya ada seseorang yang lulus seleksi disuatu perusahaan karena nama nya persis dengan Owner, atau ada pula yang mendapatkan Bully karena nama nya. Mungkin kita juga pernah tertarik pada sebuah produk baik barang maupun jasa karena merk nya, atau pernah kita menilai seseorang dari nama nya saja tanpa pernah tahu siapa dia sesungguhnya. Oleh sebab itu nama merupakan hal yang sangat penting dan sangat menentukan.

Saya memberikan nama putri dengan penuh cerita agar dapat diingat oleh yang bersangkutan, seperti :

  1. Kiran Nadiva Syarif (anak pertama)

Kiran itu berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti sinar yang memancar. Anak pertama saya ini lahir disaat musim kemarau yang cukup panjang, dua bulan tidak turun hujan, dimana pada saat itu Sinar Matahari benar-benar memancar panas, bahkan Pagi hari pun kami sudah kepanasan. Saya berharap Kiran saat besar menjadi orang yang dapat menyinari kegelapan, menghilangkan keragu-raguan  dan menerangi jalan orang lain.

Nadiva ini singkatan dari nama kami yaitu aNAk rianDI dan eVA, namun bila diartikan secara bahasa merupakan bahasa arab “Nadhifa” yang berarti suci dan bersih.

Syarif ini merupakan nama belakang bapaknya Riandy Syarif, namun bila diartikan dalam bahasa arab artinya kemuliaan.

Artinya : Pancaran Sinar yang Suci dan Mulia hehehe

  1. Ghaziya Andalusia Syarif (Anak kedua)

Ghaziya berasala dari bahasa Arab yang berarti Pejuang Wanita, dimana saat anak kedua lahir sedang terjadi Perang Israel dan Hammas di Jalur Gaza. Kami berharap anak ini memiliki mental dan tekad sekuat baja namun hati lembut dan tunduk pada Allah, serta kesabaran yang tiada batas.

Andalusia merupakan nama spanyol dimasa kepemimpinan Khilafah Islam, dimana saat Spanyol merupakan kota yang modern dan maju, dan diibaratkan kebun anggur ditengah semak belukar. Selain itu, nama ini pun oleh-oleh dari Merua sepulang menunaikan ibadah haji. Saat di Madinah mereka menginap di sebuah hotel yang bernama “Andalus Hotel”.

Syarif sama seperti penjelasan diatas.

Artinya : Pejuang Wanita Andalusia yang Mulia

Kami memohon kepada Allah Jika insya Allah mereka besar nanti akan saling melengkapi satu dengan yang lain. Kiran menerangi jalan adiknya untuk berjuang menuju kemuliaan dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robb, Insya allah.

Iklan

Tentang riandysyarif

Saya orang yang simple dengan ide yang simple demi tujuan yang luar biasa
Pos ini dipublikasikan di Kaca Mata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s